Live Shopping, Era Baru Promosi Produk

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Fitur live shopping

Live shopping merupakan suatu kegiatan dimana penjual melakukan siaran secara langsung dengan mempromosikan barang dagangannya. Konsumen dijadikan sebagai penonton, sehingga bisa berkomunikasi tentang produk yang dijual. Baik itu, dari harga sampai bahan yang digunakan.

Bahkan sudah ada platform yang tersedia, jadi penjual hanya menjelaskan produk yang dijual. Konsumen juga dapat memberikan timbal balik dengan melakukan pengajuan pertanyaan mengenai produknya. 

Apa Itu Live Shopping?

Live shopping merupakan siaran belanja yang berlangsung tidak lama, karena penjual membatasi waktunya. Namun, proses menjual-membeli berlangsung dalam waktu yang singkat dan cepat. Keunggulan dari live shopping adalah produk yang dijual lebih banyak.  Live shopping akan mengcover komunikasi antara konsumen dan penjual yang biasanya jumpa di toko Belanja online yang dilakukan secara langsung merupakan cara baru untuk pelaku usaha dalam membangun interaksi terhadap para konsumennya.

Peristiwa live shopping merupakan akibat adanya peningkatan warganet ditambah dengan pandemi yang berlanjut lebih dari satu tahun. Jika dilihat dari data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), membuktikan bahwa sepanjang 2020 kegiatan berbelanja online masyarakat Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan antara 25% sampai 30%. Data di atas dapat digabungkan dari laporan Digital 2021 yang membuktikan bahwa ada 98.5% pengguna internet yang memiliki keinginan menonton video. Angka besar ini menjadi kesempatan untuk untuk melakukan kegiatan live shopping dan memunculkan peluang untuk perkenalan produk usaha. 

Platform Berlomba Menyediakan Fitur Live Shopping
Berdasarkan perhitungan, penonton live shopping yang ada di sosial media berkembang mencapai sekitar 113% setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa adanya pergeseran pola perilaku konsumen terutama di sosial media. Apalagi saat ini,  penjelasan dalam bentuk video jauh lebih banyak diminati, jika dibandingkan dengan tulisan. Bahkan, agar memperkuat suatu penjualan penting sekali Anda memenuhi keperluan masyarakat di internet, karena sudah banyak platform yang berlomba-lomba menyediakan fitur live shopping. 

Ada juga yang menawarkan produk dengan live streaming ini merupakan strategi marketing baru yang belum banyak digunakan oleh para pengusaha. Aktivitas ini menggunakan tiga hal yakni interaksi promosi, dan transaksi. Bahkan, platform marketplace pertama yang menggunakan cara ini yaitu Lazada pada tahun 2019. Platform ini telah mencoba menawarkan belanja streaming di masa pandemi. Untuk hasil penjualan pun meningkat sampai 45% .Kemudian, cara Lazada juga dilakukan oleh marketplace lainnya contoh Bukalapak Shopee, sampai Tokopedia. Mereka memanfaatkan instagram dan facebook untuk  membuat live shopping. 

Adanya banyak platform digital yang ikut serta dalam rancangan bisnis ini, maka bisa dipastikan daya beli masyarakat semakin meningkat. Bahkan, pelaku usaha juga dapat melihat produk apa saja yang saat ini sedang diinginkan oleh masyarakat. Bahkan sejak tahun 2020 tren live streaming sudah banyak diminati untuk produk kecantikan. Setelah itu, diikuti oleh beberapa produk kesehatan. Data ini dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk para pelaku usaha UMKM  dalam mengembangkan usahanya sekalian ikut dalam ekosistem digital. 

Keunggulan dari Live Shopping

Untuk pelaku usaha, keunggulan dari memanfaatkan sistem live shopping ini yaitu bisa mengukur antusiasme masyarakat pada produk. Bahkan jumlah penonton akan muncul langsung di sidebar. Selain itu, penjual akan memperoleh timbal balik dalam bentuk komentar dan pesan. Komentar ini dapat dijadikan sebagai masukan dan kritikan untuk penjual. Selain itu, cara belanja l ini dapat menciptakan interaksi yang personal antara penjual dan pembeli. Penjual bisa langsung menciptakan keadaan live shopping lebih hidup melalui candaan, sehingga aktivitas belanja tidak akan membosankan. Kemudian, penjual juga memiliki banyak pilihan untuk menampilkan produk jualan. 

Penjual dapat menggunakan cerita atau tempat yang berbeda pada setiap live shopping.  Dengan begini penonton akan merasakan suasana yang baru ketika live shopping berlangsung. Keunggulan selanjutnya, konsumen bisa langsung melihat barang yang dijual. Apabila berjualan secara online, maka konsumen akan kesulitan konsumen dalam mereka-reka bagaimana bahan, warna sampai ukuran produk yang ditawarkan. Melalui live shopping, pembeli dapat meminta para penjual memperlihatkan detail dari produknya. Selain itu, live shopping juga bisa membantu dalam menjangkau audiens yang lebih luas sekali meningkatkan pengikut dari akun. Karena semakin terkenal live shopping, maka barang jualan dan engagement yang didapatkan akan semakin besar. Oleh karena itu, live shopping bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan toko online secara luas.

Konsep Agar Live Shopping RamaiPara pelaku usaha harus mempunyai tujuan pasti apabila ingin mempromosikan produknya. Oleh sebab itu, dalam memulai live shopping pun harus memiliki konsep yang jelas. Dibawah ini terdapat beberapa catatan penting untuk pelaku usaha yang ingin menggunakan fitur ini dalam memperkenalkan  produknya, yaitu:

  1. Gunakan Latar Video yang Bagus

Pencahayaan juga menjadi kunci ketika Anda membuat video live. Melalui pencahayaan yang baik, penonton dapat melihat produk secara lebih jelas. Jadi Anda dapat memberikan gambaran warna dan bentuk produk yang pas melalui cahaya yang cukup. Selain itu, latar belakang video yang baik akan menampilkan kesan menarik.

  1. Tujuan  dari Live Streaming Jelas 

Ketika melakukan siaran belanja, pastikan Anda sudah memiliki tujuan yang jelas agar orang banyak tertarik. Anda bisa membuat tema yang ingin dibuat. Contoh minggu ini, Anda menerapkan tema thrift shop, maka tujuannya ialah menjual baju-baju second yang kualitasnya tinggi. Untuk konsumen yang ingin membeli baju berkualitas dengan harga terjangkau maka ini bisa menjadi menjadi daya tarik mereka.

  1. Mengadakan Diskon dan Promosi

Tak ada salahnya jika Anda memberikan diskon kepada konsumen. Apabila Anda baru saja membuka usaha, maka diskon dan promo bisa jadi kunci untuk memperkenalkan produklebih luas. Selain itu, diskon dan promosi dapat menarik pengunjung untuk datang langsung ke akun Anda. Sebagai catatan Anda, tidak harus terus-menerus mengadakan yang namanya diskon dan promosi.  Anda bisa membuatnya beberapa waktu sekali, dengan memberi jangka waktu, dan tak lupa evaluasi supaya tahu seberapa jauh efek keduanya untuk perjalanan usaha Anda.

  1. Membuat Publikasi Jauh-Jauh Hari

Perencanaan yang benar-benar matang menjadi salah kunci keberhasilan dari live shopping. Caranya dengan membuat publikasi di jauh-jauh hari.  Anda bisa memasukkan konsep aktivitas,  berupa jam live siaran belanja, dan jenis produk yang ingin dijual. Dengan begini, penonton yang hadir pada siaran merupakan konsumen potensial. 

  1. Membangun Interaksi

Interaksi menjadi salah satu perbedaan antara belanja  dan offline. Hal ini dikarenakan interaksi akan menghadirkan pengalaman komunikasi dan konsumen yang menarik.  Selain itu, adanya penjelasan yang cukup, membuat Anda dapat membangun keakraban dengan penonton melalui candaan-candaan yang sederhana. Jadi live shopping tidak akan membosankan. Tak lupa juga ketika melakukan live shopping, Anda harus melakukan tanya jawab dengan para penonton. Dari sinilah penonton akan memperoleh penjelasan lebih panjang, jadi Anda dapat membangun interaksi secara baik dengan calon konsumen potensial.

Untuk bisa membuat audiens tertarik dengan aktivitas live shopping, Anda perlu memberikan banyak promosi. Dengan begitu, audiens aware bahwa Anda akan melakukan Live Shopping.

Kabar baiknya, promosi Live Shopping bisa sejalan dengan promosi produk. Artinya, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan cara promosi Live Shopping.

Anda hanya perlu memikirkan cara promosi produk di media sosial, yang disisipi dengan promosi Live Shopping.

KiriminAja juga siap mendukung Anda dengan memberi rangkuman berbagai cara promosi skincare dan berbagai jenis produk di media sosial di 2023.

Anda hanya perlu mengklik tautan di atas, lalu membaca, dan mempraktikkannya. Dengan begitu, potensi promosi bisnis Anda lebih meningkat secara terukur dan strategis.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.