Cari Pasangan? Eh, Maksudnya Font? Ini Tips Memilih Font yang Bikin Bisnismu Auto Swipe Right!

Akhmad Ilham Cahyono
1 bulan lalu
Bisnis
kenapa font itu penting

Pernah nggak sih kamu merasa ilfeel sama sebuah merek hanya gara-gara font yang mereka pakai terkesan nggak asyik? Kayak ada rasa nggak percaya aja mereka bisa kasih layanan berkualitas. Nah, sebagai pemilik bisnis, memilih font bisnis yang tepat itu penting banget lho.

Ini sangat berguna untuk menunjukkan profesionalisme dan kepribadian brandmu. Font memang terkesan remeh dan tidak terlalu penting, tapi jangan salah, dari pilihan font bisnis yang baguskamu bisa mengenalkan dan membuat bisnis jadi lebih mudah diingat oleh konsumen.

Yuk kita bahas lebih lanjut di sini.

Apa Itu Font?

Singkatnya, font adalah bentuk atau gaya tulisan yang bisa kamu lihat di website sampai desain kemasan produk. Font menentukan tampilan teks, mulai dari jenis huruf, ukuran, sampai kemiringannya. Font ini punya peran penting dalam menyampaikan pesan dan nada bisnismu.

Dari banyak jenis font yang ada pastinya tiap font mempunyai kesannya masing-masing, dan itulah yang harus kamu perhatikan nih. Soalnya, kalau kamu milih kesan yang nggak pas dari font itu bisa-bisa brand message-mu nggak tersampaikan ke pelanggan.

Kenapa Font itu Penting?

Buat kamu yang bertanya-tanya kenapa sih font sepenting itu? Nih kita bahas bareng penjelasannya di bawah ini:

Proyeksikan Profesionalisme dan Kredibilitas

Font yang bersih, jelas, dan mudah dibaca nunjukin kalau bisnismu serius dan memperhatikan hal-hal penting (termasuk desain!). Ini bikin calon pembeli lebih percaya dan yakin akan kualitas produk atau jasamu.

Tingkatkan Identitas Brandmu

Font yang kamu pilih itu bagian dari identitas visualmu, loh. Mirip seperti logo dan skema warna. Memilih font yang mencerminkan kepribadian brand bisa membantu menciptakan citra yang konsisten dan menguatkan pesan brandmu.

Meningkatkan Keterbacaan

Font profesional dirancang untuk kejelasan dan kemudahannya ketika dibaca. Ini memastikan audiensmu bisa dengan mudah membaca dan mengerti pesanmu, baik itu di website, media sosial, atau flyer cetak.

4 Jenis Font Utama

Berikut ini adalah 4 jenis font utama nih:

Serif

Yang pertama ada font Serif. Font ini punya garis kecil (seperti ekor) di ujung huruf-hurufnya. Mereka memberikan kesan tradisional, formal, dan elegan. Contohnya seperti Garamond, Cambria, dan Times New Roman.

Sans Serif

Berbeda dengan serif, font ini nggak punya garis kecil di ujung huruf, memberikan tampilan yang bersih, modern, dan minimalis. Contohnya termasuk Helvetica, Arial, dan Calibri.

Script

Font ini mirip tulisan tangan atau kaligrafi. Bisa terlihat elegan dan dekoratif, tapi kadang keterbacaannya kurang.

Decorative

Font ini tujuannya menarik perhatian dengan desain yang unik dan kreatif. Cocok buat logo, headline, atau teks pendek yang ingin ditonjolkan.

Di dunia bisnis, dua jenis font yang paling sering dipertimbangkan adalah serif dan sans serif. Karena dua jenis tersebut tingkat keterbacaannya mudah atau gampang dibaca.

10 Font Bisnis Populer

Berikut ini adalah beberapa font bisnis yang populer dan bisa kamu coba:

Font Serif

  • Garamond: Klasik dan elegan, cocok untuk presentasi dan website.
  • Cambria: Mudah dibaca, sering ada di Microsoft Word.
  • Georgia: Gabungan tradisional dan modern, cocok untuk berbagai konteks bisnis.
  • Times New Roman: Tradisional dan formal, tapi bisa jadi terlalu umum.

Font Sans Serif

  • Calibri: Modern, sering dipakai di dokumen bisnis.
  • Arial: Bersih dan luas tersedia, bagus untuk penggunaan umum.
  • Helvetica: Populer untuk logo dan headline, netral dan serbaguna.
  • Futura: Geometris dan modern.
  • Verdana: Jelas dan mudah dibaca, baik untuk digital dan cetak.
  • Lato: Terlihat ramah dan profesional, cocok untuk website, presentasi, dll.

Tips Memilih Font yang Tepat

Nah sekarang gimana sih caranya memilih font yang tepat buat bisnismu? Berikut ini adalah tips-tipsnya:

Pertimbangkan Kepribadian Brandmu

Font harus mencerminkan siapa dan apa brandmu. Maka dari itu ketika mencoba font, pastikan bahwa kesannya sama dengan karakter brandmu. Jangan sampai itu tidak selaras dan malah bikin jomplang.

Keterbacaan

Pastikan fontmu mudah dibaca di semua ukuran. Ini adalah hal yang sangat penting karena memilih font sebagus apapun menurutmu jika akhirnya bikin konsumen susah membacanya ya sama saja sia-sia kan?

Konteks Penggunaan

Tentukan dahulu penggunaannya apakah lebih banyak untuk cetak atau digital? Beberapa font tampil lebih baik di layar daripada pada kertas, dan sebaliknya. Make sure kamu cari tahu ya biar hasilnya makin optimal dan maksimal.

Konsistensi dengan Identitas Visual Lainnya

Pastikan fontmu selaras dengan logo, skema warna, dan elemen visual lainnya. Gunakan satu jenis font untuk macam-macam elemen, ini akan membantu memperkuat brandmu. Kalau misalnya aja pengen ganti font atau variasi, pastikan kesannya tidak jauh dari font utama.

Memilih font yang tepat buat bisnismu itu seperti memberikan pakaian terbaik untuk brandmu. Ini akan berbicara banyak tentang profesionalisme dan nilai yang kamu tawarkan. Jadi, luangkan waktu untuk memilih dengan bijak, ya!

Ingat, font yang kamu pilih akan menemani brandmu dalam jangka waktu yang lama. Jadi, pastikan pilihanmu itu sesuatu yang kamu banggakan dan mencerminkan nilai brandmu dengan tepat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu betapa pentingnya memilih font yang tepat untuk bisnismu, ya? Ingat, font bukan sekadar huruf-huruf yang tertata rapi di layarmu, tapi juga perwakilan dari profesionalisme dan identitas brandmu.

Seperti KiriminAja, aplikasi kirim paket nomor #1 di Indonesia, yang selalu percaya pada kekuatan detail kecil untuk #BantuMenujuLebihMaju bisnismu.

Buat kamu, para online seller yang giat mencari cara untuk meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme bisnismu, perhatikan pilihan fontmu, ya!

Dan sambil kamu mengutak-atik desain dan font, jangan lupa, KiriminAja siap menjadi partner pengirimanmu dengan berbagai fitur yang memudahkan bisnismu meraih lebih banyak pelanggan setia.

Yuk, gabung bersama ribuan seller lain yang telah mempercayakan pengiriman paket mereka kepada KiriminAja.

Daftar sekarang di Dashboard KiriminAja, dan rasakan kemudahan serta keuntungan yang langsung bisa kamu nikmati. Bersama KiriminAja, kita #BantuMenujuLebihMaju bisnismu yuk!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.