Kamus Istilah Ekspedisi demi Bisnis Anda Reliable di Mata Konsumen

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Sebutan istilah pengiriman barang

Sebagai pebisnis online paham berbagai istilah ekspedisi adalah kewajiban. Kenapa kewajiban? Karena dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hati konsumen.

Karena itulah, KiriminAja membuat kamus berbagai istilah pengiriman yang memang khusus dibuat untuk Anda. 

Iya, Anda yang baru terjun ke bisnis online dan masih bingung menjawab berbagai keluhan konsumen terkait proses pengiriman.

Istilah Ekspedisi Pihak-pihak yang Terlibat dalam Rangkaian Sistem Logistik

Pengiriman barang di masa sekarang sangat dibutuhkan karena fleksibilitasnya yang hampir tak terbatas dengan biaya yang cukup terjangkau. Hal ini membuat pengiriman barang menjadi salah satu metode kirim paling sukses dan dicari.

Bahkan dalam bisnis online ketika mengirim barang Anda telah sering berhubungan dengan jasa ekspedisi dan kurir yang disebut sebagai pengirim barang.

Namun keduanya lebih mengarah kepada layanan, artinya kurir dan jasa ekspedisi bukanlah pihak pertama dan hanya jadi jembatan antara Anda dan konsumen.

Nah lalu bagaimana dengan pihak-pihak pengirim barang tangan pertama, apakah ada sebutan untuk hal tersebut? Jawabannya ada. 

KiriminAja merangkum berbagai pihak dan nama lain pengiriman barang di sini. Jadi, yuk, mari kita bahas berbagai istilah pengiriman barang di sini.

Setidaknya, ada 6 istilah untuk pihak pengirim barang yang telah kami temukan. Istilah-istilah tersebut mengacu pada pengiriman barang dengan definisinya masing-masing.

Berikut ini adalah tiga istilah pertama paling umum dan banyak digunakan dalam bidang transportasi pengiriman beserta definisinya:

Shipper

Shipper adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengirimkan barang dari suatu lokasi ke lokasi lain.

Shipper merupakan nama lain kurir, karena dapat berupa perusahaan maupun individu yang mengirimkan barang dengan menggunakan layanan pengiriman barang.

Tugas dari shipper adalah untuk memastikan barang yang dikirim tetap aman dan sesuai dengan aturan serta persyaratan yang berlaku dalam pengiriman barang.

Consignor

Istilah ekspedisi satu ini mungkin terdengar asing namun ternyata sudah menjadi hal umum dan penting dalam rangkaian pengiriman paket.

Consignor sendiri memiliki pengertian yaitu pihak yang memiliki barang dan ingin mengirimkannya ke lokasi atau tujuan berbeda dari tempat asalnya.

Seperti shipper, consignor juga bisa berupa perusahaan atau individu yang mempercayakan pengiriman barangnya kepada jasa pengiriman barang.

Tugas dari consignor adalah memastikan barang yang dikirimkan aman dan sesuai dengan aturan dan persyaratan yang berlaku untuk pengiriman barang.

Consignee

Berbeda dengan consignor, consignee merujuk pada pihak yang menerima barang, namun dalam beberapa konteks, istilah ini juga dapat digunakan untuk merujuk pada pihak yang mengirimkan barang.

Consignee bertugas memberikan informasi pengirim atau shipper kepada pengangkut (carrier) untuk mengirimkan barang ke tempat yang dituju.

Tugas dari consignee adalah untuk menerima barang yang dikirimkan dan memastikan barang tersebut sesuai dengan pesanan dan dalam kondisi yang baik.

Dengan consignee Anda bisa membuat pengiriman barang menjadi minim risiko dan aman sampai tujuan, maka dari itu alangkah baiknya Anda memahami tugas, peran dan contoh consignee seperti dalam tautan tersebut.

Adapun istilah lain yang sebenarnya juga cukup umum dan berhubungan dengan pengiriman barang, berikut adalah istilah-istilah tersebut:

Sender

Pengirim barang disebut sender. Istilah itu sudah umum digunakan untuk merujuk pada pihak yang mengirimkan barang melalui layanan pengiriman barang seperti pos atau jasa kurir.

Pengirim paket disebut sender saja dan bersifat netral karena bukan cuma individu saja yang mengirim barang.  Sebuah perusahaan yang mengirimkan barang dengan menggunakan layanan atau jasa pengiriman barang juga disebut sender.

Tugas sender adalah untuk memastikan barang yang dikirimkan aman dan sesuai dengan aturan dan persyaratan yang berlaku untuk pengiriman barang. 

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa istilah lain terkait sender. Contoh pertama adalah cash by sender. Ada juga istilah case by sender.

Cash by sender artinya pengirim barang membayar kurir dengan uang tunai. Istilah dalam ekspedisi ini umum digunakan dan memang nyata adanya.

Sedangkan, dalam istilah kurir, case by sender artinya tidak ada sama sekali. Alias, istilah tersebut tidak dikenal dalam rangkaian sistem logistik.

Forwarder

Forwarder atau freight forwarder merupakan perusahaan yang bertindak sebagai perantara antara shipper dan pengangkut (carrier) untuk mengurus proses pengiriman barang dari awal hingga akhir.

Forwarder mengatur dan mengkoordinasikan semua kegiatan yang terkait dengan pengiriman barang, seperti pengemasan, pemilihan moda transportasi, pengiriman dokumen, dan asuransi.

Forwarder berbeda dengan consignee yang fokus dalam pengecekan informasi serta kelengkapan barang.

Tugas dari forwarder adalah untuk memastikan barang yang dikirimkan aman dan sesuai dengan aturan yang ada.

Exporter

Exporter adalah pihak yang mengirimkan barang ke negara lain melalui proses ekspor. Exporter dapat berupa perusahaan atau individu yang ingin memasarkan barangnya di pasar internasional.

Tugas dari exporter adalah untuk memastikan barang yang dikirimkan aman dan sesuai dengan aturan dan persyaratan yang berlaku untuk ekspor.

Exporter berurusan dengan hukum yang berlaku antara negara asal dan negara tujuan. Maka dari itu pihak pengiriman barang ini jadi sebuah pekerjaan yang cukup spesifik. Namun tetap sama seperti yang lainnya yaitu masih berhubungan dengan pengiriman barang.

Itulah beberapa istilah yang mengacu pada para pihak pengiriman barang mulai dari yang umum hingga khusus seperti eksportir.

Jika Anda masih belum puas memahami jasa ekspedisi, kami sudah menyiapkan panduan detail memahami jasa ekspedisi dan korelasinya dengan bisnis Anda.

Harapannya, Anda punya pemahaman lebih komprehensif setelah membaca panduan tersebut.

Sebagai pebisnis online, posisi Anda mungkin masuk dalam salah satu istilah tersebut. Karenanya, untuk tetap handal dan dipercaya menjalankan peran dalam rangkaian sistem logistik, Anda perlu solusi reliable.

Tentu saja KiriminAja adalah solusi reliable itu? Tapi kenapa KiriminAja bisa se-reliable itu? Yuk, bahas.

KiriminAja menawarkan layanan logistik yang handal dan terpercaya, sehingga produk Anda dapat dikirim dengan aman dan tepat waktu kepada konsumen.

Selain itu, KiriminAja juga memungkinkan Anda memiliki toko online dengan fleksibilitas dalam mengatur margin keuntungan dan manajemen produk.

Anda dapat dengan mudah mengatur harga produk Anda sesuai dengan keinginan, menjaga cash flow tetap aman, dan tetap fokus dalam menjangkau konsumen baru. Dengan demikian, bisnis Anda dapat berkembang dengan lebih tenang dan terarah.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Kabar baiknya, untuk memanfaatkan layanan-layanan tersebut, Anda tidak perlu melakukan banyak usaha. Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja dan mulai menjalankan bisnis Anda dengan lebih efisien.

Jadi, jangan ragu untuk bergabung dengan KiriminAja di tahun ini demi lebih reliable, paham berbagai istilah ekspedisi, #CashFlowAman, dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.