Status Kirim Paket On Process Adalah Momen PHP Jasa Kurir. Yuk, Bahas

Danusantoso
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
On process dalam industri logistik

Bagi banyak online seller, dan mungkin juga Anda, status on process adalah momen deg-degan penuh penantian apakah paket sampai ke tangan konsumen atau tidak. 

Iya, status on process artinya hampir sama seperti masa-masa pacaran saja. Serba penuh ketidakpastian dan terancam PHP.

Nah, bisa jadi kendala pengiriman terjadi karena ada masalah atau kendala dalam industri logistik atau jasa ekspedisinya.

Makanya, sebagai seller online, Anda perlu mempelajari proses apa saja sih yang ada dalam perusahaan jasa ekspedisi. Sehingga Anda dapat memantau pengiriman barang Anda agar lebih lancar.

Aktivitas mengirimkan barang pesanan ke pelanggan memang cukup krusial bagi seller online. Ini menjadi salah satu layanan yang harus diberikan agar mereka puas belanja di online store Anda.

Untuk itu, KiriminAja telah rangkum tentang aktivitas dalam on process, kendala dalam on process, dan tips agar pengiriman lancar. Yuk simak penjelasannya!

On Process Adalah Berbagai Jenis Proses Kurir

On proses dalam industri logistik mengacu pada kegiatan yang terjadi dalam rantai pasok saat barang sedang dalam perjalanan dari pengirim sampai konsumen. 

On process mencakup berbagai kegiatan, termasuk pengumpulan dan pengangkutan barang, pengolahan dan pengemasan, pengiriman dan pengiriman, serta pengiriman akhir, dan pengiriman kembali.

Contoh Kegiatan On Process dalam Industri Logistik

Seperti disebutkan di atas, on process adalah berbagai banyak aktivitas yang disederhanakan dalam satu kata. Jika di-breakdown, maka on process punya variasi aktivitas. Berikut ini beberapa contoh aktivitas kurir yang bisa dikategorikan sebagai on process:

Pengumpulan Barang dari Pemasok

Kegiatan pertama adalah mengumpulkan produk atau barang dari pemasok untuk disiapkan ke proses selanjutnya.

Pengangkutan dan Pengiriman Barang

Barang atau produk kemudian diangkut dan dikirim melalui berbagai jenis ekspedisi, seperti kapal, truk, kereta api, atau pesawat terbang.

Pengolahan dan Pengemasan

Barang atau produk kemudian diproses dan dikemas sesuai standar yang ditetapkan atau sesuai permintaan spesifik pelanggan.

Pengiriman

Setelah barang atau produk siap, selanjutnya baru dikirim ke alamat penerima yang tertera di paket.

Pengiriman Akhir dan Pengiriman Kembali

Setelah barang atau produk sampai ke penerima, maka proses transaksi selesai. Namun, terkadang ada kasus barang dikembalikan lagi ke pemasok atau titik awal dalam rantai pasok karena ada masalah.

Itu dia beberapa aktivitas dalam on proces pengiriman. Pihak logistik perlu memastikan pengiriman barang tepat waktu dan efisien untuk memaksimalkan keuntungan dan efisiensi operasional dalam rantai pasok. 

Sedangkan sebagai seller online, Anda perlu memantau proses tersebut agar distribusi produk dapat berjalan lancar.

Kok Bisa Sih Status On Process Gak Berubah?

Ada beberapa alasan mengapa status on process artinya tidak berubah, diantaranya sebagai berikut:

Keterlambatan Pengiriman

Kadang on proses artinya tidak berubah karena barang mengalami keterlambatan dalam pengiriman. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pada sistem manajemen rantai pasok, cuaca buruk, atau kendala operasional lainnya.

Kondisi Tidak Sesuai

Alasan lainnya bisa jadi karena barang yang dikirim tidak memenuhi persyaratan atau kondisi tertentu. Misalnya, ukuran atau berat yang berbeda, serta bisa juga produk rusak atau cacat saat pengiriman.

Pemrosesan Manual

Pemrosesan manual dan status on proses adalah dua hal yang membuat paket Anda diproses tapi tidak diberi laporan. Sehingga, paket Anda terkesan tertahan atau masih berstatus on procces.

Sistem Manajemen yang Buruk

Status on process tidak berubah juga bisa dikarenakan kurangnya koordinasi dan integrasi antar kegiatan dalam rantai pasok. Hal ini dapat terjadi karena sistem manajemen yang tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan perusahaan logistik yang tepat dan terpercaya untuk bekerjasama mendistribusikan barang dagangan.

Tips Agar Pengiriman Barang Lancar Bersama KiriminAja

Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja memungkinkan Anda menemukan jasa ekspedisi yang tepat dan terpercaya. 

Sehingga, pengiriman dalam bisnis online Anda pun bisa berjalan lancar dan tidak sedang dalam masa on process atau in process. Berikut beberapa tips agar proses pengiriman barang melalui KiriminAja berjalan lancar:

Pastikan Informasi yang Dimasukkan Akurat

Pastikan Anda memasukkan informasi yang akurat dan lengkap saat memesan pengiriman melalui KiriminAja. Ini termasuk alamat pengirim dan penerima, informasi kontak, dan deskripsi barang yang dikirim.

Pilih Layanan Pengiriman yang Sesuai

KiriminAja menawarkan berbagai layanan pengiriman dengan biaya dan waktu pengiriman yang berbeda. Pastikan Anda memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Persiapkan Barang dengan Baik

Pastikan barang yang akan dikirim telah dipersiapkan dengan baik, seperti dikemas sesuai dengan standar pengiriman. Jangan lupa untuk menambahkan tanda pengenal pada paket seperti nomor resi atau nomor pesanan.

Pantau Status Pengiriman

Nomor resi yang diberikan KiriminAja dapat digunakan untuk memantau status pengiriman Hubungi barang tersebut. Pantau status pengiriman secara teratur untuk memastikan bahwa barang telah dikirim dan diterima dengan sukses.

Layanan Pelanggan Jika Ada Masalah

Jika terjadi masalah dengan pengiriman atau Anda membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan KiriminAja. Kami siap selalu siap untuk membantu Anda.

Nah, agar bisa mendapatkan fitur-fitur di atas serta demi manajemen pengiriman lebih terorganisir, akan lebih baik jika bisnis Anda bekerja sama dengan KiriminAja. 

Cukup daftar secara gratis di dashboard KiriminAja sekarang juga. Dengan KiriminAja, status on process adalah momen yang singkat, praktis, dan transparan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.